Karakteristik Perkembangan Fisik-Motorik

Posted by Ummu Naura Saturday, May 25, 2013 0 comments

Ditulis oleh : Ummu Naura

Setiap terjadi perkembangan fisik pada anak,secara otomatis pula akan terjadi perkembangan motoriknya,baik itu motorik kasar maupun motorik halus. Menurut Elizabeth,perkembangan fisik sangat penting untuk dipelajari karena,baik secara langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi perilaku anak sehari-hari.

Motorik kasar (gross motor skill), yaitu segala ketrampilan anak dalam menggerakkan dan menyeimbangkan tubuhnya. Bisa juga diartikan sebagai gerakan-gerakan seorang anak yang masih sederhana,seperti melompat dan berlari. Sementara motorik halus (fine motor skill),yaitu suatu ketrampilan menggerakkan otot dan fungsinya. Dengan kata lain,motorik halus ini gerakan-gerakannya lebih spesifik dibandingkan motorik kasar,seperti menulis,melipat,merangkai dan menggunting.

Menurut Beaty,kemampuan motorik kasar seorang anak paling tidak dapat dilihat melalui empat aspek,yaitu (1) berjalan atau walking,dengan indikator berjalan turun-naik tangga dengan menggunakan kedua kaki,berjalan pada garis lurus, dan berdiri dengan satu kaki; (2) berlari atau running,dengan indikator menunjukkan kekuatan dan kecepatan berlari,berbelok ke kanan-kiri tanpa kesulitan dan mampu berhenti dengan mudah;(3) melompat atau jumping,dengan indikator mampu melompat ke depan,ke belakang dan kesamping; (4) memanjat atau climbing,dengan indikator memanjat naik-turun tangga dan memanjat pepohonan.

Perkembangan fisik-motorik sangat berperan penting bagi seorang anak. Selain melatih kelincahan dan kecekatan,juga dapat memberikan motivasi kepada anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Bahkan,bila difungsikan dengan baik perkembangan fisik-motorik ini mampu meningkatkan kecerdasan seorang anak. Untuk itu,perkembangan ini tidak boleh dikesampingkan. Sebisa mungkin orangtua atau pendidik merespons dan memberikan waktu atau kesempatan kepada sang anak dalam melakukan berbagai gerakan yang dapat membantu dalam mengembangkan fisik-motoriknya. Peran orangtua dan pendidik dapat ditunjukkan melalui pemberian motivasi,bimbingan,latihan-latihan gerak sederhana,dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa kondisiyang memengaruhi laju perkembangan motorik anak usia dini yang patut diperhatikan oleh orangtua maupun pendidik:
1. Sifat dasar genetik,termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan mempunyai pengaruh yang menonjol terhadap laju perkembangan motorik.

2. Seandainya dalam awal kehidupan pasca-lahir tidak ada hambatan maka semakin aktif janin semakin cepat perkembangan motorik anak.

3. Kondisi pralahir yang menyenangkan,khususnya gizi makanan sang ibu,lebih mendorong perkembangan motorik yang lebih cepat pada masa pasca-lahir,ketimbang kondisi pralahir yang tidak menyenangkan.

4. Kelahiran sukar,khususnya apabila ada kerusakan pada otak akan memperlambat perkembangan motorik.

5. Seandainya tidak ada gangguan lingkungan,kesehatan dan gizi yang baik selama awal kehidupan pascalahir akan mempercepat perkembangan motorik.

6. Anak yang IQ-nya tinggi menunjukkan perkembangan yang lebih cepat ketimbang anak yang IQ-nya normal atau di bawah normal.

7. Adanya rangsangan,dorongan dan kesempatan untuk menggerakkan semua bagian tubuh akan mempercepat perkembangan motorik.

8. Perlindungan yang berlebihan akan melumpuhkan kesiapan perkembangan kemampuan motorik.

9. Karena rangsangan dan dorongan yang lebih banyak dari orangtua,perkembangan motorik anak yang pertama cenderung lebih baik ketimbang perkembangan motorik yang lahir kemudian.

10. Kelahiran sebelum waktunya biasanya memperlambat perkembangan motorik. Sebab,tingkat perkembangan motorik pada waktu lahir berada di bawah tingkat perkembangan bayi yang lahir tepat waktu.

11. Cacat fisik seperti kebutaan akan memperlambat perkembangan motorik.

12. Dalam perkembangan motorik,perbedaan jenis kelamin,warna kulit dan sosial ekonomi lebih banyak disebabkan oleh perbedaan motivasi dan metode pelatihan anak ketimbang karena perbedaan bawaan.


Artikel Menarik lainnya :

Description
: Karakteristik Perkembangan Fisik-Motorik
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ummu Naura
ItemReviewed
: Karakteristik Perkembangan Fisik-Motorik

0 comments:

Post a Comment